Penyebab postingan hilang di search engine


Penyebab postingan hilang di search engine

Dunia search yang pada kuartal awal bulan Mei ini google sedang melakukan pembenah secara signifikan sehingga menyebabkan beberapa kasus yang bikin geli, bikin cemberut, bikin bahagia dan riang gembira jua bikin kalang kabut dari beberapa pemilik blog yang pada kali ini ada yang ketiban untung yang bisa disebut Google Honeymoon. Dengan  Google Honeymoon ada yang bersorak  riang gembira karena mendadak blognya menjadi top hits padahal postingan dan themenya tampak biasa saja atau bahkan terbilang kosong, namun kejadian ini tentu tidak akan berlama-laman karena dengan pembaruan algoritma google akan memberikan banyak dampak yang bisa memberikan efek yang cukup bagi situs yang auto robotic atau autosurf, mendadak situs-situs semacam ini terjun bebas trafficnya, apalagi situs yang mengedepankan permainan permalink secara auto dan autorobotic backlink dan autosubmit memungkinkan sang situs justru termakan oleh Google Sandbox.
Postingan hilang di SERP Google sangat menyedihkan sekali, dan blog inipun juga mengalami secara telak terkena pukulan yang masih membiru dan bilur-bilur ini masih membekas pada blog ini. Dengan pembaruan Algoritma Google maka banyak situs bertumbangan hilang dari peredaran SERP. Ini benar-benar menyakitkan terutama situs yang terkena dampak buruknya, namun ada juga yang terkena efek  Google Honeymoon namun tentu tidak akan berlangsung lama hanya semacam efek kejut dari boom yang diledakkan sehingga efek elektromagnetiknya mengena beberapa saat.
Beberapa catatan penting menelusuri efek samping (kayak obat saja) pembaruanAlgoritma Google adalah :
Merupakan peristiwa langka yang membuat suatu kejadian yang benar-benar di luar kewajaran bagi sebuah situs Google Honeymoon merupakan fenomena yang jarang kita sadari ketika bermain-main di SERP atau Search Engine Result Page, disini saya akan beri sedikit informasi mengenai Google Honeymoon. Anda tentu saja ingin mengetahui secara ekplisit makna atau Maksud dari Google Honeymoon adalah efek yang diberikan oleh google kepada blog baru atau blog authority untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam beberapa waktu di google. Jika anda tidak segera mengoptimasi artikel/blog yang terkena dampak Google Honeymoon ini, maka tergeser dan kembalilah posisi anda. Namun walaupun optimasi tidak menjamin artikel anda dapat bertahan. Google memberikan kesempatan bagi postingan yang baru saja terbit untuk tampil di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, ada yang bilang periode untuk kita menikmati traffic dari Google Honeymoon adalah sekitar 24-48 jam, sehingga cara ini sering digunakan para peserta kontes SEO untuk mencuri peringkat di akhir-akhir penentuan pemenang dari kontes SEO, sebenarnya saya juga dulu sempat mau coba, cuma ketika itu entah kenapa saya merasa malas untuk membuat artikel yang sesuai dengan persyaratan regulator kontes SEO.
Jadi pada inti permasalahan yang didadapt pada fenomena ini adalah Google Honeymoon itu bukanlah peringkat melainkan sebuah fenomena dimana situs atau artikelnya yang masih seumur jagung tiba-tiba bisa melesat jauh ke halaman hasil pencarian mesin pencari tanpa dilatar belakangi kualitas konten dan backlink yang kuat, jadi saran saya buatlah konten yang unik dan dibarengi link building yang kuat pada situs ataupun artikel anda.
2. Efek Google SandBox :
Menurut http://www.maxmanroe.com Berkenaan dengan pembaruan dari Algoritma SERP Googleterdapat kosakata-kosakata yang terbilang sangat asing di telinga kita,seperti fenomena ini yang sangat menarik bagi kita, apa maksud dari Google Sandbox adalah hukuman atau penjara yang diberikan search engine Google pada blog/ website yang menyalahi standard Google search engine. Yang paling banyak mengalaminya adalah situs-situs yang melakukan kegiatan SPAM, baik dari internal maupun dari external website tersebut. Pada saat sebuah blog/ website telah masuk ke dalam Google Sandbox maka blog/ website tersebut tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google. Bayangkan efek yang akan terjadi pada bisnis online bila situs kita mengalami Google Sandbox.
Bagaimana akibat dari sebuah situs terkena dampak ini adalah hilangnya sebuah situs baik sebagian atau seluruhnya tidak akan terdeteksi oleh mesin pencari serach engine google seakan-akan blog anda hilang misterius, padahal sebelumnya mungkin sebagian artikel pada blog anda bertengger di papan atas atau 10 besar pada search engine google. Sementara untuk mengembalikan posisi blog anda agar tidak  masuk Google Sandbox dan kembali terindeks google maka diperlukan sebuah usaha sebagai berikut : anda bisa membacanya lebih rinci di : Apa Penyebab Blog masuk Google Sandbox.
Untuk keluar dari jeratan Google Sandbox dibutuhkan beberapa tricks dan tips, apa saja agar blog kita bisa keluar dari Google Sandbox dan bisa masuk lagi ke deretan papan atas di search engine-nya gogole, berikut beberapa tips yang saya gunakan saat ini :
  • Hilangkan dulu sukur-syukur hindarkan menyebarkan spam, ya paling tidak agar blog kita terbebas dari penjara pasirnya google. Dan perhatikan benar bahwa spam dimana saja merupakan menjadi sebuah keburukan walau sebenarnya isinya bagus, namun kalau dianggap sampah ya kita harus terima.
  • Mencoba mengurai link-link dofollow agar bisa mengangkat lagi kontent-kontent kita yang entah hilang dimana.
  • Kirimkan kembali semua kontent di blog kita ke google webmaster tools, ya sedikit kesabaran akan berbuah lagi nantinya.
  • Editlah semua kontent yang ada pada blog anda ganti judulnya dengan sedikit optimasi dan perubahan baik di H1, H2 dan seterusnya.
  • Anda wajib dan harus mengmabil hati dari google dengan membuat kontent atau artikel yang bertemankan google sandbox. misal saja : Akhirnya blog saya masuk di google sandbox 2013.
  • Anda menyertakan link-link dan arah ke : google.com, google.co.idwikipedia,  google webmasters FAQ
  • Ini masih tips lagi seperti : Hindarkan dulu ping blog yang berlebihan wajar-wajar saja, sementara untuk plugin optimasi SEO anda lepas dulu, Segera anda melakukan kegiatan ini : Reconsideration Requests di Google Webmaster.
  • Kurangi atau Pangkas atau hilangkan tags-tags yang berlebihan.
3. Website mengandung Malware
Kadang disadari atau tidak website atau blog yang secara kusus  mempostingan artikel berkenaan dengan dunia tools atau software serta tips dan tricksnya berpotensi terkena atau terkandung malware bahkan spyware dan virus bisa masuk didalamnya. Sykur anda menggunakan blog wordpress yang bisa di antisipasi dengan optimasi dengan proteksi yang bagus adanya plugin-plugin yang bisa menambal dari serangan-sarangan komuniats hacker dan spyware. Blog yang mengandung malware atau spyware dari google bahkan sampai dipinalti dengan diberi tulisan merah ” dengan peringatan yang bikin malu juga – blog mengandung malware atau sejenisnya” nah coba anda cek selalu blog anda. Bagi sebuah blog lebih amannya memang saat ini penyedia bank data sudah banyak sekali sehingga mengurangi resiko beban pada server maupun pada kapasitas blog sendiri tentunya yang berbayar, tautan bisa anda arahkan pada penyedia bank data, misalnya saja : ziddu.com (saat ini kurang menarik),mega.co.nz ( lebih aman dan besar). Urusan images bisa anda simpan di imgur.com bisa anda pilih jenis gambar : besar, sedang, thumbnail.
4. Banyaknya Iklan dan scripts yang tidak beraturan.
Semakin banyak iklan pada blog rupanya google tidak senang, karena dianggap berlebih-lebihan atau bisa dibilang lebay. Juga pemuatan javasripts yang tidak tersetruktur dan acak-acakan artinya jangan semua aplikasi javascripts anda masukan pada widget atau anda masukan di blog. benar-benar anda perhatikan hal ini disamping memberatkan loading sebuah website yang akhirnya pengunjung juga males mau meneruskan membuka seluruh kontent yang ada pada blog anda.
5. Setting ulang Tittle dan tags serta muka halaman
Urusan setting tittle sebenarnya sangat gampang apalagi theme anda sudah memiliki Title SEO Friendly yang tidak perlu anda ubah-ubah lagi, namun bagi anda yang menginginkan setting pada Title SEO Friendly yang belum anda miliki karena theme anda memang belum ada, berikut ini contoh penggunaan Title SEO Friendly.
Usahakan kode dibawah ini anda benamkan pada page blog anda agar membentuk struktur seperti ini :
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
Untuk pengguna wordpress sebenarnya sudah banyak teknik dan tips yang bisa digunakan apalagi adanya plugin yang bisa anda benamkan untuk memaksimalkan judul, tags dan heading, related post deskripsi dan keyword yang bisa mengundang google untuk tetap mengindeksnya. Usahakan : SEO Booster, SEO Ultimate, Auto Ping Booster, Automatic backlink, Google AnalyticsGoogle XML SitemapsGreg’s High Performance SEOSEO Booster PROWP Robot 3 dan masih banyak lagi.
6. Mengganti judul dan artikel yang copypaste dan kurang menarik.
Judul yang kurang menarik atau banyak judul yang sama ini menimbulkan permasalahan bisa di anggap sebagai copypaste atau justru google dalam SERP tidak akan menghiraukan postingan kita yang kurang menarik dan kurang unik. Usahakan membuat judul dan tulisan yang cukup unik walau sebenarnya judul dan postingan ini  banyak di blog lain, namun karena tematik judul sangat variatif dan unik serta pembahaan yang cukup bagus dengan alur cerita yang menarik serta mengambil banyak elemen dari google, wikipedia dan sumber lain yang di tautkan ini yang membuat search engine SERPnya google sangat tertarik. Anda sebenarnya boleh mencopypaste dengan kode etiknya, seperti menurut sumber dari : poersoft.web.id denga judul sebagai berikut …….. nah ini sudah menunjukan kepedulian anda terhadap hasil karya orang lain.
sumber : http://www.poersoft.web.id/2013/06/04/postingan-hilang-di-serp-google-penyebab-rangking-web-jeblog/

Penyebab postingan hilang di search engine

7 Responses to "Penyebab postingan hilang di search engine"

  1. waduh sob,blog ane ilang dari search engine..
    kacau deh perasaan ga menentu sekarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya blog saya juga tadinya sudah satu bulan ini hilang di pencarian google tapi alhadulilah ahir ahir ini blog saya sudah terindeks lagi oleh bah google dan sudah noral lagi seperti dahulu
      coba sobat posting artikel seperti artikel ini kayaknya ini bisa enjadi solusi dan mebantu jangan lupa berdoa juga ya
      ;)

      Delete
  2. Thanks Bos atas informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama samabos saya juga sempat mengalami tapi alhamdulilah sekarang sudah normal kembali

      Delete

Budayakan meninggalkan komentar setelah membaca.
Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan yang tidak menyinggung dan tidak berbau sara dan porno.

TERIMAKASIH ATAS KOMENTAR ANDA ... !!!